International Conference on Lesson Study
Universitas Muhammadiyah Malang
International Conference on Lesson Study
Universitas Muhammadiyah Malang

Home

:: Selamat datang 7th ICLS & Edication Colloquium di Universitas Muhammadiyah Malang tahun 2016 ::

The 7th ICLS & EC 2016 Organizing Comittee

 

support

 

Selamat datang 7th ICLS di Universitas Muhammadiyah Malang tahun 2016 7th ICLS untuk pertama kalinya dilaksanakan di Malang Jawa Timur.

Bapak dan ibu pemerhati Lesson Study harus tetap bersemangat untuk berperanserta dalam forum ilmiah 7th icls. kami tunggu partisipasi bapak dan ibu pada 7th ICLS th 2016 di Universitas Muhammadiyah Malang

Panitia ICLS ke 7 UMM mengundang saudara para praktisi, pemerhati dan pegiat lesson study pada 7th International Conference on Lesson Study (or ICSL) sebagai agenda resmi Assosiasi Lesson Study Indonesia (ALSI) bekerjasama dengan Universitas  Muhammadiyah Malang. 7th International Conference on Lesson Studies (7th ICLS) akan dilaksanakan pada 3-5 November 2016 di Universitas  Muhammadiyah Malang, Indonesia. ICLS adalah conference international dan diikuti oleh lebih dari limaratus praktisi, pemerhati dan pegiat LS sebagai peserta. Bahasa yang dipakai untuk presentasi adalah bahasa Inggris dan bahasa Indonesia.

Rencana kolokium pendidikan 2016 FKIP mendapatkan momentum yang tepat, sehubungan dengan dilaksanakannya International Conference on Lesson Study (ICLS) ke 7 di UMM (ICLS 7th). Kedua event besar ini perlu disatukan dalam satu event yang sama baik waktu, tempat dan pengelolaannya sehingga keduanya dapat saling memperkuat dan sinergis dengan jangkauan peserta (pemakalah) dan impact (publikasi) yang lebih luas. Berdasarkan pertimbangan tersebut maka disepakatilah event kolokium dan ICLS menjadi satu nama dan pengelolaan yang kemudian dibranding dengan nama "ICLS 7th and Education Colloquium".

Untuk mewadahi para pegiat LS di Indonesia maka terbentuklah Assosiasi Lesson Studi Indonesia (ALSI) di Malang pada tahun 2012. Misi ALSI adalah menumbuhsuburkan semangat dan oraktik lesson study di Indonesia. Salah satu agenda ALSI adalah menyelenggarakan pertemuan dan seminar Lesson Study yang diberi nama Indonesia Conference on Lesson Study (ICLS). Sejak tahun 2015, ICLS berubah menjadi International Conference on Lesson Study dengan singkatan tetep sama, ICLS.

Tujuan dan Ruang Lingkup

ICLS bertujuan memberikan ruangan untuk berbagi pengalaman diantara para peneliti, pendidik professional, penyusun kebijakan bidang pendidikan dan praktisi, pemerhati serta pegiat LS dari berbagai wilayah di Indonesia dan Asia untuk berdiskusi tentang tema tersebut dari sudut pandang perkembangan terkini, diskusi issue mutakhir, tantangan, theories, dan good practices. Belajar melalui collaborative, pendidik profesional, peningkatan kualitas pembelajaran dan menjadi pendidik yang reflektive adalah tema utamanya.

Topik utama Konferensi adalah sebagai berikut (namun tidak terbatas dengan) :
• Lesson studi dalam konteks teoritis dan praktis
• Belajar kolaboratif, konteks teoritis dan praktis
• Peningkatan kualitas pembelajaran
• Penelitian lesson studi (metode dan teknik)
• Praktek baik dalam Pembelajaran 
• Mengembangkan jaringan kerjasama lesson study
• Belajar Berkelanjutan (belajar sepanjang hayat)
• Masyarakat Belajar dan praktek LS
• Lesson Studi pada berbagai disiplin ilmu
• Lesson studi dalam budaya dan negara yang berbeda
• Strategi Perencanaan untuk pelatihan lesson study (promosi dan pemasaran, pelatihan pelatih, kemitraan, kolaborasi di seluruh profesi, pendidikan guru, mengintegrasikan ke dalam kurikulum)
• Rencana Pelajaran dan desain pelajaran di lesson study
• Lesson studi dan dunia digital
• Lesson studi perkembangannya di masa depan

 

Nurwidodo
Chairperson
The 7th ICLS & Education Colloquium 2016 Organizing Committee
Universitas Muhammadiyah Malang, Malang, Jawa Timur.

email: nurwidodo88@yahoo.com

Organized by

support



Supported by

 

 

 

 

 









 


 

Shared: